Waktu Respons Server di Bawah 1 Detik (Cache Server)

Setelah melakukan take over AMP menggunakan plugin AMP for WP sehingga membuat kecepatan blog ABIHP.com meningkat dari sisi wordpress, bisa dianggap sudah mentok.

Tetapi masih ada kekurangan di waktu respon server (TTFB) yang keitka saya menggunakan Trial Hosting bisa mencapai 8 detik dan rata-rata di atas 5 detik jika dites menggunakan Google Pagespeed Insight.

Akhirnya berulang kali pindah-pindah hosting dari yang trial 1 bulan sampai yang berbayar, sampai yang terakhir saat artikel ini dibuat dengan menggunakan hosting dari Domainesia paket 1 Cloudmax dengan lokasi server di Singapure, yang tutorialnya sudah diterbitkan artikel dengan judul Cara Migrasi WordPress Dari Plesk ke CPanel.

Dan terus terang ini membuat saya senang karena akhirnya setelah beberapa kali tes menggunakan Pagespeed Insight waktu respon server rata-rata benar-benar meningkat, kalau saya mudah mengingatnya kalau hasil tes sudah hijau itu sudah sangat bagus.

Karena sering masuk daboard CPanel dari Domainesia saya lihat ada menu WordPress Accelerator dan untuk mengaktifkannya tidak repot hanya perlu klik Enable saja dan semuanya diurus oleh WordPress Accelerator ini dan akan membuat mengurangi masa loading database dan meningkatkan kecepatan website sampai 4 kali lipat.

Tak perlu waktu lama langsung saya klik saja menjadi Enabled, lalu nunggu beberapa saat dan cek lagi menggunakan Pagespeed insight dan ternyata luar biasa. Yang tadinya berkisar 1-3 detik untuk waktu respon servernya, sekarang menjadi 0.2 – 0.4 detik luar biasa sekali.


Ada Kaitan Dengan Plugin W3 Total Cache

Dan rupanya saat masuk ke dashboard WordPress saya lihat di plugin ada W3 Total Cache yang saya tidak pernah menginstal plugin ini, dan akhirnya saya baru mengerti bahwa ini ada hubungannya dengan WordPress Accelerator tadi yang otomatis menginstal plugin cache ini berikut dengan semua setelannya sudah fix.

Cara Mengaktifkan WordPress Accelerator

Silahkan masuk Cpanel, lalu pilih WordPress Accelerator


Wordpress Accelerator


Selanjutnya langsung klik Enable

Enable WordPress Accelerator


Proses aktivasi WordPress accelerator sudah selesai.

Cek Kecepatan di Pagespeed Insight

Setelah diaktifkan selanjutnya cek lagi kecepatannya di halaman Pagespeed insight, dan hasilnya seperti di gambar.

Ini versi Desktop
Desktop Speed


dan ini versi mobile
Mobile Speed

Default image
Roby Roy Putra
Cukup tekan tombol Subscribe Youtube ini jika kamu terbantu dengan artikel yang ABIHP.com buat. Gratis!

Leave a Reply