Cari File Download Firmware Gratis

Cara Mudah Update Cache AMP Content

Salah satu hal yang menjadi permasalahan ketika kita menggunakan AMP pada blog kita baik itu di blogger maupun wordpress adalah versi cache AMP yang sudah diindeks google akan lama diupdate jika anda memperbarui artikel anda.

Contohnya saja blog ABIHP.com ini, untuk versi halaman depannya / homepage sampai telat 4 hari untuk update versi cache amp nya. Artikel terbaru yang ditampilkan pas yang tanggal 9 padahal sudah buat artikel sampai 13 juli.

Dan ini akan buruk di mata pengunjung yang menemukan blog kita dari hasil googling, nantinya diberikan versi amp cache dan dikira blog kita belum update sudah lama.

Baca juga: AMP Stories ? Berikut Sedikit Tentangnya

Tidak Tested

Sudah ada juga artikel yang membahas cara update / refresh amp cache konten kita yang bisa anda cari di internet, baik itu official dari AMP.dev maupun dari blog lainnya, tetapi tidak berhasil.

Refresh Versi Official AMP.dev

Kalau petunjuk dari official menggunakan OpenSSL untuk menghasilkan signature.bin itu sudah mentok kalau saya, benar-benar tidak berhasil sampai tuntas untuk menjadikan url refreshnya. Jadi nyerah.

Refresh Versi Blog Lain

Kalau artikel blog lain selain menyarankan yang versi official (yang juga tidak bertahap) juga ada yang menyarankan memanggil langsung versi url cache ampnya.

Yaitu:

https://www-abihp-com.cdn.ampproject.org/c/s/www.abihp.com/

Tapi ada yang salah di sini, url itu memang cache nya amp, kalau kita buak terus menerus tidak akan merubah / mengupdate kontennya, karena tidak ada perintah apa apa di situ.

Kalau versi officialnya bisa dipahami dengan menambahkan update-cache, amp_action=flush, dan lainnya. Klaau url tadi bagi saya tidak ada pengaruh sama sekali.

Tidak percaya? coba saja sendiri dengan membuka url cache tersebut ganti dengan domain anda sendiri.

Proses Minta Indeks Ulang

  1. Silahkan ke Google Search Console dan pilih blog anda yang mau di refresh versi amp nya
  2. Ketikkan url canonical (yang ingin diupdate amp cache nya) di kolom search paling atas Google search Console
  3. Setelah itu akan ditampilkan data dari url tersebut, silahkan ulangi dengan menekan tombol Uji URL Aktif, lalu kemudian Minta Pengindeksan Minta Pengindeksan
  4. Disinilah poin nya, bisa dilihat tulisan “Halaman Anda berubah? Minta Pengindeksan”. Jadi kalau ada perubahan di halaman kita maka silahkan lakukan pengindeksan, dan ini juga akan mngupdate versi amp cache nya. Pengindeksan diminta
  5. Setelah berhasil meminta pengindeksan silahkan tunggu beberapa saat

Cek Apakah AMP Cache Sudah Update

Setelah beberapa menit silahkan cek url halaman anda yang versi amp cache nya. Caranya cukup ganti https:// menjadi https://cdn.ampproject.org/c/s/ pada url halaman yang mau dites

Contoh

Saya ingin tes halaman homepage saya versi amp cache nya

Url aslinya

https://www.abihp.com/

Ganti https:// menjadi https://cdn.ampproject.org/c/s/

https://cdn.ampproject.org/c/s/www.abihp.com

Lalu buka di browser dan menjadi url versi ampnya seperti ini:

https://www-abihp-com.cdn.ampproject.org/c/s/www.abihp.com/

Sebelum dan Sesudah

Berikut ini adalah perbandingan halaman homepage ABIHP.com versi AMP cache sebelum dan sesudah diupdate.

Ini adalah url versi google amp cache:

https://www-abihp-com.cdn.ampproject.org/c/s/www.abihp.com/

Sebelum Pengindeksan

Bisa dilihat pada homepage saya artikel yang terindeks terbaru masih yang tanggal 9 juli padahal sekarang sudah 13 juli dan artikel juga sudah update sampai tanggal ini.

Jadi belum refresh / update versi amp cache di google nya.

AMP-Cache-Sebelum-Update

Sesudah Pengindeksan

Setelah permintaan request dan menunggu beberapa menit, akhirnya versi cache google amp sudah diperbarui, bisa dilihat artikel terbaru sampai tanggal 13 juli sudah muncul sesuai dengan versi aslinya.

Setelah-Update-Cache

Saran

Kalau anda menggunakan AMP pada blog anda baik itu blogger maupun wordpress, maka lakukan indeks ulang setiap publis artikel baru atau update artikel lama.

Sebenarnya tanpa minta indeks pun nantinya halaman cache versi amp tetap akan diperbarui secara otomatis, tetapi tidak tahu apa cepat atau lambat tetapi kalau saya cek sendiri bakal lama kalau tidak minta indeks manual.

Mala lebih baik minta indeks ulang setiap:

  • Menerbitkan artikel baru (minta indeks homepage)
  • Update artikel lama (minta indeks url artikel lama tersebut)

Baca juga: Cara Pasang Auto Ads WordPress

Demikianlah tahapan cara update manual versi cache AMP dari indeks google semoga bermanfaat untuk anda yang menggunakan AMP pada blogger maupun wordpress.

Share Yuk

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *