Cari File Download Firmware Gratis

Tombol Power Rusak Samsung Grand Prime

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada smartphone Android di bagian hardware atau user interface yaitu tombol untuk menyalakan atau memadamkannya alias tombol on/off atau juga disebut tombol power.

Dan kerusakan ini pun terjadi pada ponsel cerdas milik Samsung tipe Samsung grand prime s530h yang mengalami kerusakan di bagian tombol power on off nya, yang sudah tenggelam dan tidak ada rasa berdetak ketika ditekan.

Drama

Yang tidak suka drama skip saja ya, langsung ke bawah bagian servis hpnya hehe.

Setelah mengantar anak ke sekolah dasar MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) saya langsung tidur lagi karena sangat kecapean akibat tidur terlalu larut tadi malam, dan jangan tanya kenapa bisa begadang karena tidak bisa tidur.

Nah sekitar jam 10 ada telpon dari konter yang kerjasama dengan saya yang kalau ada servisan maka dia akan menghubungi saya untuk mengerjakannya, dan berikut dialognya:

Dialog

Percakapan ini terjadi dari telpon (mungkin dengan paket pulsa)

  • Konter : Assalamu alaikum
  • Saya : Wa alaikum salam
  • Konter : Kak, ada servisan nih hp Samsung
  • Saya : Kenapa samsung nya?
  • Konter : Tombol untuk menghidupkannya rusak kak, sama seperti hp kemarin (HP Lenovo maksudnya, tapi tidak sempat buat artikelnya)
  • Saya : Oh iya, nanti saya ambil ya
  • Konter : iya kak

Setelah itu telpon ditutup, kemudian tidur lagi. Karena masih jam 10 nanti sekalian jemput anak dari pulang sekolah 45 menit lagi.

Singkat cerita setelah bangun, terus jemput anak maka saya mampir ke konternya dan mengambil hp yang dimaksud dalam telpon tadi, dan saya lihat memang tombolnya sudah tenggelam dan tidak mantul lagi kalau dipencet.

Akhirnya pulang dan bawa hp tadi, kemudian di meja servis saya lihat memang Samsung Grand Prime ini bongkar mesinnya harus melepaskan touchscreen dan lcd dulu baru bisa lihat mesin dan yang lain.

Begitu juga untuk memperbaiki tombolnya memang harus bongkar touchscreen dan lcd nya sepaket, jadi saya telpon dulu konternya untuk nego harga servisnya melalui chat WA.

  • Saya : di, ongkos servisnya sekian ya. tidak bisa dengan harga servis seperti Lenovo kemarin karena harus bongkar lcd dahulu buat memperbaiki tombolnya.
  • Konter : o ya kak, nanti saya kasih tahu yang punya hp dahulu.
  • Saya : iya.

Tak lama kemudian saya cek sudah ada 3 panggilan dari WA dan chat yang tidak terbaca dari konter tadi dan rupanya memang suaranya tidak terdengar, dan saya lihat chat dan membalasnya.

  • Konter : K kata yang punya hp biar dilanjut servisnya
  • Saya : Iya
  • Konter : K kalau bisa jam 5 sore ini sudah mau diambil hp nya
  • Saya : Iya

Akhirnya karena sudah deal langsung masuk ke proses perbaikan tombol power Samsung Grand Prime ini, sebenarnya ada satu cerita lagi waktu mau buka touchsreen hp ini baru teringat kalau blower konslet tidak bisa menyala tapi nanti saja ceritanya takut kepanjangan artikel ini.

Proses Perbaikan Tombol On Off Samsung Grand Prime

Ini foto kondisi tombol Samsung grand prime yang tenggelam.

Tombol power Samsung Grand Prime

Langkah 1 – Lepaskan lcd + touchscreen

Buka tutup baterai lalu lepaskan baterai, kartu sim, kartu memori, kemudian buka tutup tempat soket lcd dan lepaskan juga.

Lepaskan SOket LCD

Setelah itu gunakan plat khusus atau alat lainnya untuk melepaskan touchscreen dan lcd di sekelilingnya. Terkadang bisa dibantu dengan blower untuk melunakkan lem tersebut.

Lepaskan lem lcd

Langkah 2 – Lepaskan Mesin HP

Setelah lepas lcdnya balik hp, terus gunakan obeng untuk melepaskan semua baut yang ada.

Lepaskan Baut

Congkel lagi tutup mesin dari tulangan secara perlahan sekelilingnya.

Congkel Mesin

Langkah 3 – Perbaikan Tombol Power

Setelah dilepas semua dan dicek untuk tombol di mesinnya masih bagus saja, dan ternyata yang sudah aus adalah tombol yang nempel di tulangan yang sudah lepas karetnya.

Solusinya adalah dengan mengganti tombol tersebut dengan memakai tombol yang serupa yang didapat dari hp bekas, lalu pasang lagi semuanya.

Langkah 4 – Pemasangan LCD Touchscreen

Setelah diperbaiki tombolnya kembali pasang semua, dan di bagian terakhir adalah pemasangan lcd dan touchscreen.

Harus diberi lem baru, karena kalau lem bekas yang masih menempel di touchscreen tadi sudah tidak akan kuat lagi. Saya menggunakan merk B7000 seperti pada gambar, cari lem di toko sparepart di kota anda.

Lem Samsung Grand Prime

Test Hasil Perbaikan

Setelah semuanya dipasang beserta dengan baut dan lainnya, berikutnya adalah tes menyalakannya.

Dan hpnya sudah menyala dengan bagus, begitu pula tes tombol bisa nyala dan padam lampunya.

Demikianlah proses perbaikan tombol power Samsung Grand Prime semoga bisa membantu anda yang membutuhkannya.

Share Yuk

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *