Cari File
Download Firmware Gratis

Pengalaman Verifikasi ID Adsense Menggunakan Passpor

Di sini saya akan berbagi pengalaman saya melakukan verifikasi ID pengenal yang diminta oleh Adsense setelah akun saya mulai berjalan earning-nya. Dan untuk negara Indonesia sendiri, ID pengenal yang diterima oleh adsense ada 3 macam, yaitu: KTP, SIM, dan Passpor.

Ini bermula dari notifikasi berwarna merah di atas dashboard Adsense yang berisi “Pembayaran Anda saat ini sedang ditangguhkan. Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran.” Dan setelah di-klik Aksi, maka mengarah ke halaman Verifikasi Identitas Anda.

Baca juga: Solusi Adsense Tidak Muncul Setelah Custom Domain

Verifikasi-Adsense

Dua Macam Verifikasi Adsense

Setelah mendaftar dan diterima Adsense, tidak langsung membuat kita mencantumkan alamat bank / western union transfer. Kita harus diverifikasi terlebih dahulu, dan kalau belum maka pembayaran akan ditangguhkan.

Ada 2 macam verifikasi yang harus dilalui:

  1. Verifikasi Nama pemilik Akun
    • KTP
    • SIM’
    • Passpor
  2. Verifikasi Alamat pemilik akun
    • PIN

1. Verifikasi Nama Pemilik Akun

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dari pihak adsense memberitahukan kalau ada 3 macam jenis kartu pengenal yang diterima untuk verifikasi Adsense, yaitu:

  • KTP
  • SIM
  • Passpor

Verifikasi ini sepertinya ditujukan pada Nama kita yang tertulis sebagai nama pembayaran harus sama persis dengan tanda pengenal kita. Dan tentu saja bisa menggunakan passpor walaupun di passpor tidak tertulis alamat kita, yang pentinga nama di passpor sama dengan nama di pembayaran adsense.

Karena itu sebagian berpendapat tidak apa verifikasi menggunakan KTP yang berbeda alamat dengan alamat pembayaran adsense, karena di sini adalah untuk mencocokkan nama di KTP saja, sedangkan untuk alamat pembacaran adalah verifikasi berikutnya menggunakan PIN yang dikirim oleh adsense.

2. Verifikasi Alamat Pembayaran

Setelah berhasil verifikasi maka berikutnya adsense akan mengirimkan PIN yang akan menjadi verifikasi berikutnya untuk melihat kalau alamat pemilik benar sesuai dengan yang di alamat pembayaran.

Biasanya di dasbor adsense akan muncul notifikasi yang berbunyi ” Pembayaran Anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi alamat.

Verifikasi Alamat Adsense

Baca juga: Lulus Review Adsense dalam 16 Hari

Kenapa Pakai Passpor

Berhubung di halaman verifikasi tersebut dituliskan bawah pengiriman foto tanda pengenal akan dibatasi untuk keamanan, jadi kalau sudah beberapa kali gagal verifikasi identitas saya khawatir kalau akun adsense akhirnya ditangguhkan.

Karena saya pernah dibanned adsense lama saya yang sudah dari tahun 2011, and its hurt trust me.

Masalahnya adalah saya sekarang tinggal di tempat baru yang berbeda alamat dengan KTP saya, dan belum sempat memperbarui KTP dengan alamat yang sekarang.

Saya khawatir kalau menggunakan data sesuai KTP maka PIN akan dikirim ke alamat KTP yang notabene-nya merupakan alamat lama saya. Tetapi kalau di dasbor adsense saya tulis alamat sekarang yang berbeda dengan KTP nantinya dianggap tidak valid saat melakukan verifikasi ini.

Muncul Error Invalid file format [OR-DCS-01]

Saat mengirim gambar hasil foto menggunakan Android dalam format JPG muncul error “Invalid file format [OR-DCS-01]” dan untuk solusinya ternyata harus menggunakan format gambar PNG, silahkan klik link tadi untuk melihat pembahasannya.

Invalid-File-Format

Gagal Verifikasi Gambar Buram

Setelah berhasil mengirim foto dalam format PNG rupanya langsung dibalas oleh adsense melalui email bahwa foto yang barusan saya kirim tidak diterima karena ada sebagian gambar yang buram, dan disuruh buat mengirim lagi foto yang lebih jelas.

Akhirnya ambil foto lagi menggunakan kamera dari hp android tadi, tetapi dengan posisi pencahayaan yang pas dan jepret bebarapa kali untuk mencarai gambar yang benar-benar jelas tidak kabur.

Selanjutnya setelah pilih yang bagus ubah ke format PNG lagi, lalu kirim lagi. Dan alhamdulillah tidak membutuhkan waktu yang lama (tidak sampai satu jam) verifikasi ID sudah berhasil diterima.

Dan juga di hari yang sama muncul notifikasi berikutnya yaitu verifikasi alamat, yang nomor PIN sudah dikirim oleh adsense hari itu juga. Dan disuruh untuk menunggu sekitar 2 atau 4 minggu.

Kalau PIN sudah masuk rencananya InsyaAllah akan saya buatkan lagi artikelnya, silahkan subscribe blog ini bagi yang penasaran tetapi bagi yang tidak mari di-penasarin.

Update : Review PIN Adsense Datang [3 Minggu]

Pengalaman Verifikasi ID Adsense Menggunakan Passpor
Pengalaman Verifikasi ID Adsense Menggunakan Passpor 1

Ini review saya dalam proses verifikasi ID Adsense yang dalam hal ini menggunakan Passpor yang notabene tidak tercantum alamat domisili tetapi alhamdulillah bisa sukses verifikasinya.

Editor's Rating:
4.7
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *