Cara Validasi Error AMP di Google Search Console

Untuk blog yang menggunakan template atau theme AMP maka validasi setiap halaman merupakan hal yang penting untuk diusahakan baik itu wordpress maupun blogger.

Karena kalau suatu halaman sudah benar-benar valid AMP yang mudah dilihat dari Ekstension Chrome AMP Validator yang berwarna hijau, maka berarti google akan membuat indeks baru untuk halaman tersebut dan mendapat fasilitas AMP lainnya, mulai dari cache, cdn, dan logo AMP muncul di pencarian google lewat hp.

Tetapi kalau tidak valid tentunya halaman tersebut tidak akan disimpan di google indeks versi amp nya, maka dari itu perlu untuk memantau Google search console dan perhatikan validasi di halaman AMP.

Cara Validasi AMP

Jadi maksudnya dalam proses pemasangan template atau theme AMP ada saja halaman yang belum valid sempurna AMP nya, dan saat itu sudah diindeks oleh google.

Berjalan waktu akhirnya halaman itu sudah berhasil anda buat menjadi 100% valid AMP, sedangkan setelah anda cek lagi di Google search console ternyata url tadi masih tidak valid, maka perlu pemberitahuan dari kita bahwa halaman tersebut sudah valid dan siap untuk diindeks versi AMPnya.

  1. Silahkan ke halaman AMP Google Search Console, lalu pilih properti blog AndaPilih Properti
  2. Pada menu di kiri pilih AMP, nanti di situ terlihat 3 bagian laporan
    1. Kesalahan
    2. Valid dengan peringatan
    3. ValidAMP Console
  3. Klik di Kesalahan dan scrol ke bawah klik lagi detailnyaKesalahan AMP
  4. Pada halaman berikutnya scroll lagi ke bawah dan pada url contoh silahkan arahkan cursor ke logo Search untuk periksa urlPeriksa URL
  5. Pada halaman yang terbuka lihat kalau sudah centang warna hijau berarti sudah valid, tetapi kalau masih warna merah maka silahkan klik tombol Uji URL AktifUJI URL AKTIF
  6. Selanjutnya ke halaman Inspeksi URL dengan klik di breadcrumbs seperti di gambarInspeksi URL
  7. Pada halaman ini cek lagi semua sudah valid, lalu klik Minta PengindeksanMinta Pengindeksan
  8. Isi captchaIsi Captcha
  9. Laporan Pengindeksan sudah dimintaPengindeksan Diminta
  10. Kembali ulangi lagi sebelah kiri AMP, lalu klik Kesalahan, Scroll ke bawah klik Contoh Kesalahan lalu klik Validasi PerbaikanValidasi Perbaikan
  11. Selesai

Sekarang anda tinggal tunggu saja proses perubahan berlangsung sekitar 3 hari, dan akan muncul laporan di halaman tersebut.

Baca juga: Cara Update AMP Cache Yang Benar
Kalau anda melakukan perubahan pada artikel anda, maka perlu diupdate juga versi amp cache nya.

Default image
Roby Roy Putra
Cukup tekan tombol Subscribe Youtube ini jika kamu terbantu dengan artikel yang ABIHP.com buat. Gratis!

Leave a Reply