33.1 C
Jakarta

Produk Andalan Esemka yang Siap Saingi VinFast dan Proton

Trending

Produk lokal atau nasional memang perlu maju untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Tentu saja untuk membuka lapangan kerja dengan usaha baru. Sudah lama memang Indonesia tidak memiliki mobil nasional. Namun, setelah muncul mobil Esemka memang menjadi harapan baru bagi industri otomotif Indonesia. Meskipun ini termasuk bukan mobil nasional. Di Asia Tenggara sendiri ada VinFast dari Vietnam dan Proton dari Malaysia. Terlebih saat ini  sedang gencar-gencarnya mengekspansi industri mobil.

Esemka memeng sudah ditegaskan bukan mobil nasional. Pasalnya, dalam proses produksi tidak didanai oleh pemerintah melainkan swasta. PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) dengan pabrik di Boyolali Jawa Tengah yang melakukan produksi mobil ini.

Sampai sekarang ini PT Solo Manufaktur Kresi telah mengantongi izin produksi 8 jenis mobil. Dimana,  termasuk  dalam golongan kendaraan ringan. Sedangkan mobil yang dipasarkan ada dua jenis yaitu Bima 1.2 dan Bima 1.3, yang masing-masing diperkuat dengan mesin 1.2L E-power I4 DOHC yang memiliki kapasitas 1243 cc dan mesin 1.4L DOHC 16G berkapasitas 1298 cc.

Pada pertengahan Juni 2021 dikabarkan akan masuk mobil Proton asal Malaysia dan VinFast asal Vietnam yang ingin turut menginvansi industri otomomotif di Indonesia. Diharapkan mobil Esemka ini bisa menyangi atau bahkan lebih unggul di negeri sendiri dibandingkan  dengan merk impor, meskipun terbilang baru jika produk unggul maka kualitas bisa berbicara.

BACA JUGA:  MiFlash 2015.06.01

Lihat Juga

BACA JUGA:  Cara Whitelist WiFi Indihome