26.1 C
Jakarta

Cara Daftar GRAB Terbaru Lengkap: GrabFood, GrabExpress dan GrabCar

Trending

Segala hal sekarang banyak dilakukan dan dimudahkan dengan adanya internet, sehingga banyak hal yang dikemas secara online. Bukan hanya kemudahan mencari informasi, tetapi juga kemudahan dalam bertransaksi bahkan transportasi. Di era digital ini, ada yang namanya transportasi online yang dalam penggunaannya melalui aplikasi. Untuk sekarang ini di Indonesia sudah ada beberapa yang banyak digunakan oleh masyarakat, dan salah satunya adalah Grab.

Grab Beroperasi di 125 Kota

Grab sendiri merupakan perusahaan teknologi yang didirikan di Malaysia dan memiliki kantor pusat di Singapura, cakupan operasional Grab sendiri sudah sangat luas yaitu hampir semua wilayah Asia Tenggara. Yang tidak dalam cakupan operasional Grab adalah Laos dan Brunei Darussalam. Untuk perusahaan ini sendiri sudah masuk kategori decacorn, yang mana memang pertama di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, Grab sudah mencakup dan beroperasi di 125 kota.

Mendaftar Sebagai Driver GrabBike

Apabila Anda ingin mendaftar sebagai driver Grab, maka Anda bisa melakukannya secara offline maupun online, tergantung dengan kenyamanan serta situasi dan kondisi Anda. Apabila Anda lebih nyaman dan percaya dengan offline maka bisa mendatangi kantor Grab terdekat untuk melakukan pendaftaran. Namun apabila Anda berada di lokasi yang jauh dari kantor Grab, maka tetap bisa mendaftar secara online.

Cara Bergabung di Grab Via Online

  • Pendaftaran secara online dilakukan melalui website resmi Grab (Grab.com/id), dan pertama Anda perlu membuka situs tersebut. Setelah situs terbuka, Anda bisa klik menu “Bergabung dengan Grab”
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir di halaman berikutnya. Pastikan Anda mengisi data diri sesuai yang diminta di formulir dengan benar dan sesuai dengan data yang sebenarnya dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya
  • Untuk mendaftar sebagai GrabBike, Anda bisa memilih menu “Jenis Pengemudi” kemudian akan muncul pilihan dan pilihlah GrabBike. Setelah itu akan muncul persyaratan, dan siilahkan klik setujui semua persyaratan. Sebagai bentuk validasi, akan muncul captcha yang perlu Anda isi, jika sudah lolos, maka silahkan klik “Daftar Sekarang”
  • Itu adalah proses pendaftaran awal, setelah data yang tadi sudah terverfikasi, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan kode yang masuk di SMS. Kode tersebut bisa Anda masukkan di website lalu akan muncul formulir lagi untuk melakukan proses selanjutnya.
  • Di formulir yang selanjutnya akan muncul permberkasan untuk administrasi, jadi pastikan Anda sudah menyiapkan data apa saja yang dibutuhkan. Biasanya datanya adalah mengenai rekening, kendaraan, identitas, surat ijin, dan lainnya. Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan akurat supaya nantinya tidak menimbulkan kesalahan input data.
  • Setelah Anda selesai menginput data, maka selanjutnya Anda tinggal menunggu seleksi berkasnya. Apabila Anda lolos maka akan mendapatkan pemberitahuan yang dikirimkan melalui SMS. Setelah itu Anda akan diminta untuk datang ke kantor Grab untuk melakukan proses seleksi.
  • Saat Anda melakukan proses seleksi, syarat yang harus Anda penuhi adalah dokumen-dokumen yang perlu dikonfirmasi, jadi pastikan Anda membawanya.
BACA JUGA:  Daftar Spotify Premium Bisa Pakai DANA, Begini Caranya!
BACA JUGA:  Download CSC Firmware Asus ZE500CL

Mendaftar GrabCar dengan Kendaraan Roda Empat

Apabila Anda memiliki mobil, maka akan lebih baik jika Anda mendaftar sebagai driver GrabCar. Tentu saja kebutuhan konsumen itu berbeda-beda, dengan selera moda transportasi berbeda, jadi pasti tidak akan bersaing di pangsa yang sama dengan pengemudi GrabBike. Kebanyakan orang yang berpergian jauh bersama-sama atau memiliki barang bawaan yang banyak pasti memilih mobil karena lebih banyak ruang dan lebih nyaman. Jadi Anda memiliki peluang yang besar pula jika menjadi driver GrabCar.

Daftar Grabcar yang Mudah

Pastikan Anda memiliki kendaraan sendiri, dan tentunya Anda akan melalui proses pendaftaran yang lebih banyak dibandingkan dengan pendaftaran layanan Grab yang lain. Anda bisa melakukan pendaftaran GrabCar melalui kantor Grab terdekat ataupun kantor pusatnya untuk proses dan administrasi yang lebih jelas. Tetapi Anda juga bisa melakukannya secara online, dengan langkah-langkha berikut:

  • Pendaftaran secara online dilakukan melalui website Grab dan siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratannya supaya Anda tidak ribet sendiri nanti jika input data
  • Setelah itu, Anda bisa langsung menuju situs Grab dan melanjutkan untuk pendaftaran GrabCar, setelah itu Anda klik “Daftar Sekarang”
  • Kemudian akan muncul formulir yang mana memang harus Anda isi, pastikan Anda mengisi data diri dengan lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk kolom domisili nanti akan ada kode daerah domisili, jika Anda tau kode daerah domisili Anda maka silahkan diisi namun jika tidak tau maka bisa diabaikan saja. Untuk olom yang wajib diisi harus Anda isi, sedangkan untuk kolom yang tidak wajib jika Anda tidak tau silahkan dikosongi saja.
  • Setelah Anda isi dengan benar, silahkan kirim formulirnya dan Anda akan mendapatkan kode OTP yang dikirim melalui SMS, lalu masukkan di kolom yang diminta pada website. Maka dari itulah, Anda harus mengisi formulir dengan nomor telepon yang benar dan masih aktif.
  • Setelah itu akan muncul formulir lagi mengenai kendaraan dan kepemilikan, jadi pastikan Anda mengisi dengan benar dan dokumen yang diunggah juga valid serta masih berlaku.
  • Untuk pengunggahan dokumen, pastikan Anda sudah mengscan atau memfoto dokumen dengan jelas agar informasinya dapat terbaca. Akan lebih baik apabila Anda menscannya karena dokumen akan lebih mudah terbaca dan tidak akan pecah.
  • Setelah Anda submit danmengunggah semuanya, maka selanjutnya Anda bisa menunggu email verifikasi dari pihak Grab. Setelah menerima email verifikasi, maka Anda dipersilahkan untuk melakukan proses pendaftaran yang selanjutnya dengan panduan yang sudah ada.
BACA JUGA:  Download CSC Firmware Asus ZE500CL
BACA JUGA:  Cara Flash Samsung J2 SM-J200G [Fix sw rev. check fail device 2 binary 1]

Cara Mendaftar GrabExpress dan GrabFood

Selain layanan GrabBike dan GrabCar, Grab juga memiliki layanan lain seperti GrabFood dan GrabExpress. GrabFood adalah layanan pesan antar makanan dari bisnis makanan yang telah bergabung dengan GrabFood. Cara kerjanya adalah dengan driver Grab yang memesankan makanan di restoran kemudian dikirimkan ke alamat konsumen. Sedangkan GrabExpress adalah layanan untuk mengirim paket atau barang yang dilakukan dengan layanan cepat karena langsung diantarkan ke penerima.

Apabila Anda ingin mendaftar sebagai driver untuk menjadi driver GrabExpress maupun GrabFood, langkah-langkahnya sama saja dengan mendaftar GrabBike. Hanya saja pada menu pilihan pendaftaran Anda bisa klik GrabFood atau GrabExpress sesuai dengan keinginan Anda. Yang pasti cara pendaftaran onlinenya bisa Anda lakukan dengan mudah dan dari rumah saja.

Dengan menjadi driver Grab Anda bisa menambah penghasilan yang lumayan, apalagi jika mendapatkan banyak orderan. Jika Anda driver GrabFood maka Anda bisa menunggu di restoran terdekat yang ramai, pasti bisa banyak mendapatkan order. Apalagi di situasi pandemi sekarang, layanan antar makanan dibutuhkan jika orang melakukan isolasi di rumah.

Lihat Juga