26.1 C
Jakarta

Menakar Kekuatan AirAsia yang Terjun ke Bisnis Transportasi Online

Trending

 

AirAsia maskapai asal Malaysia kini terjun ke bisnis transportasi online. Di tengah layunya bisnis penerbangan saat ini, AirAsia menyediakan layanan AirAsia Ride. Tony Fernandes sebagai CEO AirAsia pada media sosialnya mengumumkan layanan baru tersebut. Untuk permulaan, layanan ini bisa dinikmati oleh di Lembah Klang dan Kuala Lumpur.

CEO AirAsia juga mengatakan jika kedepannya layanan AirAsia akan diterapkan di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Singapura dan Filipina.

“Adanya layanan baru di AirAsia disambut baik oleh driver Malaysia dan masyarakat,” pernyataan Tony pada saat peluncuran virtual, Minggu (29/8/2021).

Menurut Tony sudah ada 1.500 pengemudi yang telah terdaftar di platform. Di prediksi juga jika enam bulan ke depan akan ada tanbahan pengemudi hingga 5.000 orang.

AirAsia Ride dalam pembagian hasil hanya mengambil keuntungan sebesar 15% dari pengemudi. Nah, sedangkan pengemudi diri sendiri mendapatkan hasil 85% untuk tarif sekali jalan.

“Pendapatan ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penyedia layanan pemesanan kendaraan online lainnya, sehingga pekerjaan ini bisa dijadikan sebagai peluang penghasilan sampingan” Kata Lim.

Sementara itu untuk per km, AirAsia Ride menerapkan tarif 1 Ringgit atau Rp 3.458.

Sayangnya Kementerian Perhubungan Indonesia belum mendapatkan informasi apapun terkait rencana adanya AirAsia Ride di Indonesia.

“Sama sekali belum ada notifikasi yang kami terima,” ujar Adita Irawati Juru Bicara Kementerian Perhubungan.

Apabila AirAsia Ride beroperasi di Indonesia, terlebih dahulu harus mendaftar ke Kominfo dan memenuhi syarat berbadan hukum Indonesia.

BACA JUGA:  Siap Di Cairkan, Cek Bantuan Pangan Non Tunai untuk Maret 2021

Lihat Juga