Skip to main content

Tombol Power Samsung Galaxy Mega I9152 Hilang

Drama kisah ini ketika saya sedang mengantar hp servisan ke konter pulsa yang kerjasama dengan saya kalau ada servisan masuk, nah ketika itu dipanggil oleh Bapak yang kerja sebagai penjahit yang sudah saya kenal lama.


Dialog

Pak wir : Konternya sudah pindah kemana sekarang, karena waktu itu bapak cari ke tempat yang lama sudah tidak ada lagi

Saya : Iya pak sudah lama pindah, tapi kan rumah tidak jauh di sini

Pak wir : Iya, bapak mau servis hp china sama Samsung ini, yang hp china rusak layar ada bulatan hitam, kalau yang Samsung tombol untuk menghidupkannya sudah hilang


Setelah saya cek yang hp china sudah harus ganti lcd tetapi yang saya tahu untuk hp jenis itu tidak ada yang jual partnya di kota saya, sedangkan yang hp Samsung ternyata tipe Galaxy Mega i9152 tombol luarnya sudah tidak ada dan tombol keytone di dalamnya juga sudah hilang plat bajanya sehingga tidak bisa ditekan lagi.

Saya : Pak yang hp china tidak bisa, tapi kalau hp Samsung ini InsyaAllah nanti saya kerjakan. Saya bawa dulu saja pak ya, rumah saya di bedeng pak Haji.

Pak wir : Oh iya bi, bawa saja semoga bisa diperbaiki.


Setelah itu saya naik motor kemudian diengkol agak keras karena starternya sudah lama tidak berfungsi lagi, lalu setelah menyala saya kembali ke rumah.

Sesampainya di rumah saya ucapkan salam dahulu karena kalau kita masuk rumah tidak mengucapkan salam maka setan akan ikut masuk ke dalam rumah lalu buat bisikan-bisikan di penghuni rumah nanti.


Tahapan Servis Tombol Samsung Mega

Kemudian setelah beres-beres sedikit baru ke meja servis dan melihat penampakan tombol power on off Samsung Mega yang sudah rusak, dan akhirnya saya copot saja pakai solder.

Tombol power Samsung Galaxy Mega



Cari Spare Part Tombol On Off Samsung Mega

Kemudian cari spare part dulu pernah saya simpan tetapi setelah bongkar-bongkar tempat penyimpanan sudah tidak ada lagi. Dan ini agak membuat saya kesal dan ingin marah, tetapi belajar sabar.


Cari Tombol Ori Bekas

Berikutnya cari di bekas mesin-mesin hp yang disimpan memang untuk saat-saat seperti ini, dan mulailah dipilah satu persatu lihat mana tombol yang benar-benar sama peris dengan tombol on off Samsung i9152 ini.


Tombol Power Galaxy Mega Sama dengan Tombol Blackberry

Dan akhirnya dapat tombol yang benar-benar samaa persis dengan tombol Samsung mega dan ternyata ada pada mesin Blackberry yang tombolnya ada 4 biji di bagian bawah sejajar dengan trackpad.

Tombo lBlackberry



Proses Pengerjaan

Pertama cabut dahulu tombol dari Blackberry tersebut dengan menggunakan silet secara perlahan dengan cara diseset dari samping dan jangan sampai ada kaki yang putus.

Kemudian kasih amtech sedikit di permukaan fleksibel tombol power pada Samsung Mega, lalu pasangkan tombol yang sudah dicabut tadi.

Samsung Mega


Senggol sedikit mata solder yang panas ke salah satu kaki tombol yang menempel dengan permukaan fleksible untuk menguncinya. Setelah itu baru keempat kakinya disolder semua dengan menambahkan timah gulung.


Proses Finishing

Setelah selesai pemasangan tombol maka pasang semua tulangan baut dan baterai, lalu tes tombol dengan cara menghidupkan dan mematikannya yang hasilnya sudah bagus.


Lanjutan Drama

Pagi besoknya ternyata ada orang memanggil saya dari luar rumah, dan agaknya saya mngenal suara itu. Dan benar saja ketika saya lihat rupanya itu adalah Pak Wir yang tak lain dan tak bukan adalah pemilik dari Smartphone Samsung Galaxy Mega yang hpnya sudah selesai diperbaiki.


Pak Wir : Assalamu alaikum

Saya : Wa alaikum salam Pak Wir

Pak Wir : Oh di sini Roby tinggal ? Bapak cari di sebelah tadi.

Saya : Iya pak, saya tinggal di sini kalau di sebelah itu ibu.

Pak Wir : Bagaimana by, sudah selesai hp kemaren?

Saya : Alhamdulillah pak, hpnya sudah bagus. Tunggu sebentar saya ambilkan.



Lalu saya masuk ke dalam rumah dengan agar bergegas karena Pak wir tidak sempat saya ajak masuk karena saya tahu pak wir ini sibuk orangnya.

Kemudian saya keluar lagi membawa hpnya.


Saya : Ini pak hpnya

Pak Wir : Oh iya by, makasih. Smabil mengeluarkan uang dengan jumlah yang sudah disepakati kemarin.

Saya: Terima kasih Pak Wir

Pak Wir: Ya sama-sama by. Bapak langsung pulang ya, mau ke warung.

Saya : Iya pak.



Alhamdulillah dapat rejeki pagi hari, lalu saya masuk kembali ke dalam rumah dan melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Demikianlah cerita plus drama tentang proses memperbaiki Samsung galaxy Mega yang rusak tombol power on off semoga bisa mencerahkan bagi Anda yang mempunyai problem yang sama.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar