Aplikasi PeduliLindungi Bisa Mata Matai Pengguna? Ini Kata Kominfo

  • Share
Aplikasi PeduliLindungi Bisa Mata Matai Pengguna? Ini Kata Kominfo

Hoax di Indonesia memang sering sekali muncul dan mudah menyebar dengan cepat. Terlebih lagi di situasi pandemi seperti sekarang ini, salah satu isu yang muncul adalah mengenai aplikasi PeduliLindungi. Ini adalah mengenai isu dugaan aplikasi PeduliLindungi yang bisa memata-matai penggunanya. Kominfo sendiri memberi klarifikasi mengenai hal ini dan menyatakan dengan tegas kalau itu salah dan hanya hoax. Bahkan Kominfo menginformasikan bahwa ada peraturan jelas bagi para pengguna PeduliLindungi. Yang mana pengguna tidak boleh menyimpan informasi pribadi pengguna lainnya.

Selain itu, juga tidak diperbolehkan menggunakan robot maupun sejenisnya untuk menyalin data pribadi pengguna lain. Dan untuk data-data pengguna PeduliLindungi sudah dienkripsi dan disimpan secaa aman di server, tidak akan dibagikan ke publik. Data hanya akan diakses ketika ada risiko tertular Covid-19 dan perlu dihubungi oleh nakes. Selain itu juga tidak akan digunakan kalau tidak ada ketentuan hukum maupun mengenai penanganan pandemi.

Mengenai isu bahwa pemerintah RI menginspirasi hacker untuk mengontrol pengguna melalui aplikasi PeduliLindungi itu adalah isu yang tidak berdasar. Karena aplikasi PeduliLindungi hanya melakukan tracking dan memberi peringatan untuk mencegah penularan Covid-19. Bukannya malah mengontrol pengguna melalui aplikasi, itu sangat tidak berdasar. Yang pasti semua data yang sudah dimasukkan ke aplikasi PeduliLindungi oleh pengguna hanya akan diakses jika ada perlunya, tidak akan disalahgunakan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *