Segera Lakukan Pengecekan, Bansos PKH 2021 April Sudah Mulai Cair

Bansos PKH 2021 sudah bisa anda cairkan. Bagi anda yang suka bertanya mengenai kapan akan cairnya, tentunya setiap tiga bulan sekali PKH bisa dicairkan oleh masyarakat yang terdaftar. Banyak masyarakat yang bersyukur karena sudah terdaftar dari salah satu jenis bansos ini.

Mereka juga sangat terbantu dengan adanya program ini. Untuk anda bisa mengaksesnya, bisa menggunakan HP dengan menggunakan KTP. Tahun 2021 ini terdapat 10 juta penerima dengan anggaran sejumlah 28, 71 triliun.

 

Baca juga: Data Lengkap Syarat Bantuan UMKM 1.2 Juta, Segera Cairkan!

 

Siapa Saja Penerima Bansos PKH 2021? Cek Yuk!

Untuk dana bantuan ini tentunya terdapat beberapa kriteria penerima. Mengenai komponen kesehatan yakni ada ibu hamil dengan maksimal dua kali kehamilan dan anak dengan usia 0 sampai 6 tahun dan mencapai angka maksimal dua anak.

Sedangkan untuk komponen pendidikan, terdiri dari anak Sekolah Dasar, MI (Madrasah Ibtidaiyah), Sekolah Menengah Pertama atau SMP, dan Mts (Madrasah Tsanawiyah).

Kemudian untuk anak Sekolah Menengah Atas (SMA), MA (Madrasah Aliyah), dan usia 6 sampai dengan 21 tahun yang belum mampu menyelesaikan wajib belajarnya 12 tahun.

Komponen kesejahteraan sendiri terdiri dari lansia yang sudah memasuki usia 60 tahun ke atas, dengan angka maksimal 1 orang, juga penyandang disabilitas tingkat berat.

 

Baca juga: Cek Segera! Penerima Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu Bulan April

 

Bagaimana Cara Mengecek dan Mencairkannya?

Tutorial untuk mengeceknya, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan login di kemensos. Apabila sudah berhasil masuk, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memilih ID kepesertaan DTKS/NIK.

Kemudian tuliskan nomor kepesertaan ID dalam DTKS tersebut. Masukkan nama yang sesuai dengan ID/KK. Selanjutnya tekan menu cari guna menyesuaikan ID juga nama yang sudah diinput.

Apabila anda terdaftar, maka hasil pencarian akan menampilkan nama anda dan keterangan apakah anda itu sebagai penerima BST atau tidak.

Perlu anda catat, apabila nama anda tidak terdaftar atau terdapat respon “Data tidak ditemukan”, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan memeriksa kembali nama anda tersebut.

 

Baca juga: Kabar bahagia Bantuan Sosial Tunai 2021 Telah Cair, Ini Cara Mencairkan nya

 

Biasanya jika anda adalah penerima PKH, maka dari pihak RT atau desa akan memberi anda surat undangan. Nah, dalam surat tersebut berisikan kode serta informasi dasar mengenai penerima bantuan.

Hukum untuk membawa surat undangan tersebut saat anda hendak melakukan pencairan dana adalah wajib. Bukan hanya surat saja yang wajib anda bawa, akan tetapi juga KK dan KTP.

Bagi anda yang masih bingung apakah anda adalah penerima bansos PKH 2021 ini atau tidak, segera lakukan pengecekan. Jangan lupa juga untuk tetap menaati protokol kesehatan.