Data Lengkap Syarat Bantuan UMKM 1.2 Juta, Segera Cairkan!

Banyak bantuan program lanjutan. Salah satunya adalah UMKM. Syarat bantuan UMKM 1.2 juta tidak terlalu ribet. Kini ada Bantuan Langsung Tunai bagi pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM.

Apa Saja Syarat Bantuan UMKM 1.2 Juta?

Bantuan yang diterima tahun ini memang lebih kecil daripada sebelumnya. Tahun lalu besar bantuan mencapai 2.4 juta. Namun berapa pun bantuan selalu jadi angin segar bagi para pelaku usaha mikro, kecil, maupun menengah.

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir menjadi kendala bagi para pengusaha. Pasalnya, usaha banyak yang mengalami surut.

 

Baca juga: Bantuan Sosial Rp 300 Ribu Bulan April

 

Segera daftar bila anda mempunyai usaha kecil mikro agar bantuan bisa mengalir ke kantong untuk membangkitkan kembali usaha. Berikut  syarat untuk mengajukan bantuan tersebut.

Kriteria sebagai seorang pendaftar harus Warga Negara Indonesia. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan dan usaha mikro. Pendaftar bukan anggota TNI atau Polri, Pegawai BUMN atau BUMD dan PNS.

Selain itu, penerima bantuan juga tidak sedang menerima kredit KUR atau perbankan. Perlu lampiran Surat Keterangan Usaha bila pelaku usaha mikro memiliki KTP dan domisili yang beda.

 

Baca juga: Yuk Cairkan BLT UMKM 1,2 Juta, Simak Cara Berikut

 

Cara Mendaftar Bantuan

Syarat bantuan UMKM 1.2 juta cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri dengan cara sebagai berikut:

Pertama, pengusul BPUM akan mendaftarkan calon penerima bantuan. Lalu pihak pengusul akan menyampaikan data usulan dari penerima BPUM.

Usulan disampaikan pada Menteri cq. Deputi penanggung jawab dari program BPUM. Biasanya usulan ini akan bertahap, tapi ada pula yang sekaligus.

Data usulan wajib diisi secara lengkap. Isian penting yang tercantum antara lain NIK, nama lengkap, dan alamat tempat tinggal sesuai dengan KTP.

 

Baca juga: Tidak Mudik Di Beri Bantuan Tunai, Berikut Info dan Cara nya

 

Selanjutnya lengkapi isian tentang bidang usaha dan nomor telepon. Langkah berikutnya, pengusul penerima bantuan UMKM akan membantu anda sampai proses selesai.

Pengusul penerima bantuan UMKM biasanya koperasi yang telah disahkan badan hukum. Kemudian kementerian atau lembaga dan dinas yang mempunyai tanggung jawab atas UKM dan Koperasi.

Pihak yang terakhir adalah perbankan serta perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar di OJK. Syarat bantuan UMKM 1.2 juta akan meringankan beban para pengusaha saat pandemi. Segera mendaftar bila anda berminat mendapatkan bantuan tersebut.