Cek Segera! Penerima Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu Bulan April

Penerima bantuan sosial tunai atau biasa disebut dengan Bansos sebesar Rp 300 ribu, akan diperpanjang sampai dengan bulan April 2021 mendatang.

Kemensos memberikan program ini guna sebagai membantu dalam meringankan beban yang ditanggung masyarakat. Terlebih beban tersebut akibat adanya pandemi Covid-19 sejak setahun yang lalu.

Telah diketahui bersama, penyaluran program penerima Bansos ini telah diberikan selama empat bulan. Dimulai pada bulan Januari sampai dengan April 2021. Program ini memberikan bantuan dana sebanyak Rp 300 ribu per bulannya untuk tiap KK.

 

Baca juga: Daftra Segera Bantuan Rp 3,55 Juta dan Dapatkan Insentif Selama 4 Bulan

 

Cara Cek Penerima Bantuan Sosial Tunai

Berikut langkah-langkah cek penerimaan bantuan sosial tunai; pertama buka terlebih dahulu laman kemensos, kemudian pilihlah ID kepesertaan yang diinginkan, lalu,mMasukkan Nomor Kepesertaan anda dari ID yang telah dipilih. Jika menggunakan NIK, maka masukkan nomor NIK tersebut. Tahap selanjutnya, Klik Cari dengan memasukkan dua kata yang tertera pada kotak box captcha.

Nantinya, pada layar akan muncul sebuah keterangan nomor ID yang telah diinput. Apakah ID tersebut telah terdaftar atau tidaknya di DTKS.

Hasilnya pencarian akan terlihat di dtks.kemensos.go.id. Terdaftar sebagai DTKS, namun bisa jadi bukan penerima Bansos sebesar Rp 300 ribu.

 

Baca juga: Cara Daftar BLT UMKM 2021 Modal NIK KTP Dapat Uang 1,2 Juta

 

Sasaran dari BST Rp 300 Ribu

Untuk sasarannya sendiri sebagai berikut:

  • Sebagai keluarga anggota Program Keluarga Harapan (PKH). Dengan NIK atau Nomor Induk Kependudukan KTP telah terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos.
  • Keluarga penerima manfaat atau KPM PKH (Program Keluarga Harapan) yang belum menjadi penerima bantuan sosial.

Sebelumnya penerima Bantuan Sosial Tunai telah resmi mendapatkankan di tahun 2021 pada 4 Januari bulan lalu. Terdapat tiga jenis bantuan sosial yang telah, yaitu Program Keluarga Harapan, Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai.

 

Baca juga: Cara Daftar Bansos Pelajar Rp 3,4 Juta Tiap Siswa, Dari SD Hingga SMA

 

Cara Pencairan Bansos

Penerima Bantuan ini sejumlah Rp 300 ribu, dan akan menerima sebuah surat undangan dari pihak perangkat daerah. Untuk hal ini biasanya ketua RT.

Dari surat undangan tersebut, nantinya masyarakat akan diarahkan untuk pengambilan bantuan sosial ke kantor pos. Pengambilan tersebut sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Isi dari undangan tersebut, berupa barcode dan juga informasi dasar bagi penerima bantuan serta wajib untuk dibawa saat pengambilan bantuan sosial. Penerima bansos juga harus wajib membawa KTP atau KK (Kartu Keluarga). Selanjutnya, petugas akan melanjutkan dengan scanning barcode yang ada pada undangan. Jika sudah selesai, masyarakat sebagai penerima bantuan sosial tunai langsung akan mendapatkan sebanyak Rp 300 ribu.