Cara Mudah Menggunakan iRig di iPhone 2021

Dengan canggihnya handphone sekarang sangat mudah menggunakan iRig di iPhone, hampir semua proses yang tadinya hanya bisa dijalankan pada perangkat komputer atau di perangkat khusus, sekarang bisa dijalankan menggunakan hape atau tablet aja. Misal untuk bikin presentasi, suatu dokumen, browsing, dengerin lagu, alat musik digital, bahkan bisa digunakan untuk efek gitar sekaligus.

Efek gitar ini heavy banget dengan yang namanya Digital Signal Processing, dimana proses pengolahan sinyal analog dari gitar diubah dulu menjadi sinyal digital, kemudian dilakukan proses manipulasi (misalnya, delay, reverb, chorus, distort, drive, dan sebagainya), kemudian diubah lagi menjadi sinyal analog untuk bisa didengarkan. Nah seluruh proses ini wajib Realtime, atau minimal mendekati Realtime.

DSP ini sebenarnya bukan hal baru, tetapi dengan canggih dan hebatnya spesifikasi HP dan tablet sekarang ini, DSP efek gitar sekarang bisa dimainkan di HP. Nah kebetulan tahun lalu saya iseng-iseng coba beli alat yang namanya iRig, Alat ini fungsinya untuk menyambungkan dari gitar, ke HP atau tablet melalui socket handsfree, dan kemudian outputnya dihubungkan ke Earphone atau Active Speaker.

Sesuai dengan namanya, iRig, Awalnya di desain dan di approve untuk perangkat iDevice, seperti iPad, iPod Touch, dan iPhone. Namun secara konsep, karena alat ini isinya sebetulnya cuma solderan kabel, soket, dan kapasitor, jadi harusnya bisa juga digunakani Android, namun harus dengan cara tertentu.

Setelah melakukan test pada kedua device tersebut (iOS dan Android) dengan iRig. Hasil Test di iOS, dengan menggunakan aplikasi Amplitube, sedangkan pada Android, karena tidak ada amplitube yang memanfaatkan port handsfree (hanya ada versi untuk port USB, yaitu iRig UA), dapat dengan cara menggunakan aplikasi lain, yaitu AndRig. Namun masih ada kendala jika menggunakan device Android yaitu delay yang cukup mengganggu, karena sebenarnya memang iRig memang diperuntukkan device iOS.

Yang menyebabkan penggunaan iRig pada device Android menjadi delay yaitu, OS pada Android nya sendiri. Device Android memang masih ada delay bawaan OS nya yang tidak bisa dirubah maupun diganti dengan hardware yang lebih mahal.

Memang OS Android masih terus berkembang, tidak hanya dari sisi Audio Latency saja, namun dari sisi Battery dan User Interface saja semakin berkualitas.

Membeli iRig HD atau iRig UA yang menggunakan port data sangat tidak disarankan karena harganya yang sudah setara dengan membeli satu Ampli, terkecuali untuk keperluan mobilitas yang tinggi.

IK Multimedia merancang iRig dengan desain yang simpel & mudah dibawa kemana-mana, cukup dimasukkan saku/kantong. Kapanpun, dimanapun, bisa dimainkan dengan gitar elektrik tanpa harus bingung mencari daya listrik, hanya dengan perangkat iOS dengan daya yang cukup, sudah bisa dimainkan.

Cara Menggunakan iRig pada HP

Download aplikasi Amplitube di Apple App Store. Jika sudah jalankan aplikasi Amplitube Free/Premium yang sebelumnya sudah kamu unduh di App Store. Selanjutnya colokkan jack output iRig 5mm) kedalam jack headphone perangkat iOS kamu. Kemudian colokkan gitar kamu menggunakan kabel gitar standard pada jack input 1/4″ yang ada di iRig.

Untuk memonitor suara, colokkan headphone/line out kedalam jack mm) yang ada di iRig. Atau kamu bisa menghubungkan output iRig dengan speaker aktif atau amplifier besar & pasti suaranya akan lebih sempurna.

Dengan banyaknya macam-macam ampli digital yang disediakan pada aplikasi Amplitube, kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan yang dibutuhkan. Serta menambah fitur efek yang sudah disediakan oleh Amplitube sendiri.

Kompatibel Amplitube

iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone teratas lainnya, iPod touch (5th, 6th generation, dan iPod teratas lainnya), iPad 2, iPad 3th generation, iPad 4rd generation, iPad mini with Retina display & iPad mini, iPad Air, iPad Pro, dan iPad teratas lainnya.

Amplitube juga bisa dipasangkan dengan aplikasi lain untuk rekaman serta menambahkan alat musik lain seperti drum, biola, synth, bahkan bisa mengisi rekaman suara. Aplikasi tersebut yaitu Garage Band. di aplikasi Garage Band juga bisa kamu atur jika terdapat beberapa bagian yang butuh di edit dan bisa langsung di export, menjadi sebuah lagu. Selamat mencoba!!