Bansos Mudik

Tidak Mudik Di Beri Bantuan Tunai, Berikut Info dan Cara nya

Dengan datangnya Ramadhan dan Idol of Vitry, Risma berencana melarang pemulangan Idul Fitri pada tahun 2021. Kabar ini disampaikan oleh Ketua Sekretaris Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Radin Bardidi di webinar.

Tempo.co merangkum sejumlah informasi penting terkait pemberitaan Cara Mendapatkan Bansos Mudik

Baca Juga : Bantuan Modal UMKM

1. Asli tidak dilarang

Dalam sepekan terakhir, Menteri telah memastikan bahwa tidak ada larangan bagi orang untuk pulang. “Terkait pemulangan pada 2021, pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang,” kata  Bodhi Kariya Sumadi dalam rapat kerja dengan Panitia Kelima DPR di Jakarta

Baca Juga : Bantaun Akhir Bulan Maret 2021

2. Menunggu pengumuman Jokowi

Tapi sekarang, kemungkinan pulang ke rumah akan diblokir. Menurut Raden, kebijakan ini akan diumumkan langsung oleh  Jokowi Widodo. “Saya tidak bisa mengumumkan secara resmi karena dia harus jadi presiden, dan kami sudah menyiapkan kemungkinan besar ada larangan pulang,” katanya.

3. Atur transportasi

Selain larangan pemulangan, Jokowo juga akan mengatur masalah perayaan dan transportasi saat lebaran mendatang. Dia mengatakan kebijakan tahun ini kemungkinan akan mengikuti tren tahun lalu.

Baca Juga : Bantuan Listrik Gratis Di Perpanjang, Berikut Cara nya

4. Kebijakan 2020

Tahun lalu, Jokowi juga melarang pemulangan masyarakat. Larangan ini dikeluarkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Data terakhir menunjukkan kasus positif Covid-19 di Indonesia saat itu mencapai 6.760 kasus.

5. Denda 100 juta rupiah

Setelah Jokowi melarang pemulangan, Kementerian Perhubungan tahun lalu juga menjatuhkan sanksi berupa denda administratif dan ancaman kurungan bagi orang-orang yang melanggar aturan larangan pulang. Sanksi tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina.

Baca Juga : Bantuan Turun Awal Bulan

6. Pertimbangan tentang larangan repatriasi untuk tahun 2021

Kembali ke larangan mudik di tahun 2021. Menurut Raden, salah satu pertimbangannya adalah Penerapan Pengurangan Kegiatan Masyarakat Skala Kecil atau yang disebut PPKM Mikro telah berjalan dengan baik dalam sebulan terakhir.

7. Kompensasi bantuan sosial

Sebagai kompensasinya, pemerintah berjanji akan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang tidak pulang kampung. “Kami sedang mempersiapkan bantuan sosial untuk saudara-saudara kami yang akan pulang,”

“Dari bansos, mereka bisa mentransfer sejumlah uang kepada keluarga dan kerabatnya di desa,” ujarnya. Namun, tidak ada informasi tentang seberapa besar bantuan yang akan diterima setiap orang yang tidak pulang hingga tahun 2021 dengan mengikuti kebijakan pemerintah ini.