Listtik

Listrik Gratis Diperpanjang Hingga Maret 2021, Cek Cara Klaimnya!

Listrik gratis dan juga diskon dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sampai saat ini masih bisa diakses oleh masyarakat. Keringanan akan pembayaran tagihan listrik Gratis tersebut mulai masyarakat peroleh saat tahun lalu dan terus berlanjut sampai tahun 2021 ini.

Hal tersebut sebagai bentuk perhatian akan dampak yang masyarakat peroleh akibat pandemi Covid-19. Token secara gratis dan juga diskon tersebut dapat diakses oleh sejumlah golongan pengguna atau pelanggan listrik dari PLN Cara Daftar.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Bantuan Tunai UMKM 1,2 Juta Per Bulan

Bantuan token gratis untuk listrik dan juga diskon 50 persen untuk masyarakat kembali diperpanjang hingga bulan Maret 2021.

Penerima token gratis ini diberikan kepada pelanggan LN dengan golongan pelanggan subsidi atau R1/450 VA. Sementara untuk diskon 50 persen diberikan kepada pelanggan PLN dari golongan R1/900 VA.

Pembebasan ini tentunya melewati berbagai persyaratan minimum yang diberikan ke golongan sosial, industri dan bisnis 1.300 VA dan juga golongan layanan khusus. Sedangkan untuk golongan 220, 450, serta 900 VA, bahkan bisnis serta industri 900 VA memperoleh pembebasan beban atau abdomen.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan Tunai Cair Bulan Maret

Dalam periode ini, PLN melakukan perubahan skema atas pemberian stimulus token tersebut. Perubahan skema ini dilakukan terhadap pelanggan listrik pascabayar atas pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan juga 900 VA bersubsidi.

Pembatasan yang dilakukan hanya untuk konsumsinya saja, sedangkan besarannya pun masih sama dengan sebelumnya. Jadi untuk golongan R1/450 VA diberikan waktu konsumsi 720 jam nyala atau sekitar 324 KWh.

Jika melebihi pemakaian itu, mereka akan dikenakan listrik sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan tersebut berlaku juga dengan pengguna listrik gratis dan diskon R1/900 VA.

Baca Juga : Bantuan Untuk Ibu Hamil 3 Juta Per Tahun

Seperti yang telah kita ketahui, melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN), negara memberikan diskon dan tangguhan gratis untuk sejumlah pengguna listrik. Berikut ini adalah dua langkah yang bisa untuk anda akses dalam mengklaim token, antara lain:

  • Melalui Akses Website Resmi PLN

Adapun beberapa langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Mengunjungi atau akses website resmi di www.pln.co.id. Setelah anda mengunjungi laman resmi tersebut, anda akan diarahkan ke sebuah laman resmi portal.pln.co.id.
  2. Selanjutnya, anda bisa langsung masuk ke menu yang tersedia, yaitu ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)’.
  3. Berikutnya adalah memasukkan ID pelanggan anda atau nomor meteran ke kolom yang telah disediakan.
  4. Lalu, akan muncul pada layar berupa token listrik. Token tersebut dapat anda gunakan langsung.
  5. Masukkan kode tersebut (token listrik) sesuai dengan ID pelanggan anda yang telah didaftarkan tadi.

Untuk mengakses token atau cara ini, anda wajib login setiap bulan atau terus mengulanginya dengan cara yang sama. Tentu saja agar memperoleh listrik gratis dan juga token diskon sebesar 50 persen.

Baca Juga : Bantuan Pasti Cair Di Bulan Maret

  • Melalui Aplikasi PLN Mobile

Berikut adalah cara-cara yang wajib anda ikuti, antara lain:

  1. Mengunduh aplikasi PLN Mobile terlebih dahulu.
  2. Akses aplikasi tersebut dan klik ‘PLN Peduli Covid-19’ yang ada pada bagian Info dan Promo.
  3. Selanjutnya, masukkan ID pelanggan listrik atau nomor meteran anda, maka akan muncul token gratis pada layar HP atau PC
  4. Berikutnya, anda bisa langsung memasukkan token listrik gratis tersebut ke meteran dengan menyesuaikan ID pelanggan yang telah anda daftarkan tadi.